EXO, MELIHAT KEBERHASILAN MEREKA MELALUI LAGU “WOLF”

EXO, MELIHAT KEBERHASILAN MEREKA MELALUI LAGU “WOLF”

Fans K-pop sekarang memiliki alasan lain untuk bersemangat: boy band baru bernama EXO.

Grup dengan 12 member yang telah bekerja di dua subunit – EXO M dan EXO K – sejak tahun lalu namun akhirnya bersatu kembali untuk menampilkan diri secara keseluruhan pada awal bulan ini.

Album pertama grup ini termasuk lagu andalan mereka, “Wolf” yang terjual 300.000 copy melalui preorder bahkan sebelum tanggal rilis resmi, telah menempati peringkat No. 1 di chart penjualan album selama dua minggu berturut-turut.

“Impian kami adalah untuk mendapatkan posisi no.1 di program musik,” kata para member kepada JoongAng Ilbo, seperti dikutip Korea JoongAng Daily, pada 12 Juni lalu.

Mimpi mereka segera menjadi kenyataan ketika grup ini menempati posisi no. 1 di KBS “Music Bank”, SBS “Inkigayo”, dan MBC “Show! Music Core “pada pertengahan Juni berkat perhatian tak berujung dari fans yang mendorong cowok-cowok ini mencapai puncak.

Fans telah lama menunggu penyatuan grup ini. Sejak member-member terkumpul di SM Entertainment lebih dari 100 hari pada tahun 2011, para member dibagi menjadi dua kelompok terpisah untuk debut di Cina dan Korea.

EXO-M, yang mencakup empat anggota Cina, memulai debutnya di China, sementara EXO-K terfokus pada Korea. Mereka memulai debutnya pada hari yang sama.

Strategi ini membantu EXO menghindari kritik di Cina selama ekspansi Hallyu.

“EXO M telah berusaha keras untuk diakui sebagai sebuah kelompok lokal“, kata Kris, salah satu membernya.

Bagian yang paling menarik mata dalam album pertama grup ini adalah penampilan mereka, bukan musik. Gerakan tarian 12 member yang terkoordinasi mengikuti tradisi SM Entertainment, yang dikenal karena training intens dan disinkronisasi.

“Kami adalah grup yang berfokus pada penampilan“, kata Suho. “Aku suka title track kami karena dapat menunjukkan keahlian pertunjukkan kami dengan sangat baik, dan aku merasa puas kami memiliki koreografi untuk memaksimalkan kekuatan kami.“

Xiumin mengatakan alasan dia memilih SM adalah karena agensi ini berfokus pada penyajian pertunjukan bukan hanya musik.

Agensi ini juga telah mencoba untuk membuat semacam mitos seputar kedatangan grup baru, karena istilah yang digunakan untuk nama mereka, “exoplanet” yang berarti planet di luar tata surya.

Meskipun para member mengatakan bahwa itu cerita fiksi, mereka menyebutnya titik awal yang baik dimana mereka bisa menarik minat fans.

Mereka juga mengungkapkan harapan mereka untuk tinggal di industri hiburan untuk waktu yang lama. “[Aku] ingin berada di panggung global dan mencapai sejauh mungkin [yang aku ] bisa sebagai penyanyi“, kata Chen.

Article by: Lee Kyong Hee @ Korea Joongang Daily Translate to Indonesian by: lollichocho@koreanindo.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s